Mohon tunggu sebentar ...

3 Hal Baik Yang Harus Dibiasakan Saat Bangun Tidur

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi setiap makhluk hidup untuk melangsungkan hidupanya dan menjadi cara terbaik untuk melepas kelelahan baik jasmani maupun mental. Banyak orang di berbagai belahan dunia belum bisa tidur cukup atau bahkan menderita berbagai masalah tidur. Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur kurang lebih 7-8 jam perhari untuk mendapatkan istirahat yang baik. Tidur yang cukup dan nyenyak dapat memberikan efek positif pada keesokan harinya.

Saat bangun tidur, hal pertama yang seringkali kita lakukan adalah mengecek handphone, bermalas-malasan dan terkadang melewatkan waktu sarapan. Kebiasaan ini sangat tidak baik dan sebaiknya kita hindari. Ada banyak hal baik yang bisa kita lakukan setelah bangun tidur di pagi hari dan tentunya dapat membantu mengawali hari lebih baik. Berikut hal-hal baik yang bisa kita lakukan saat bangun tidur:

  1. Minum Air Putih

Waktu terbaik untuk mulai memenuhi kebutuhan cairan adalah di pagi hari setelah bangun tidur. Saat tidur tubuh kehilangan banyak cairan dan minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur diyakini menjadi pencegah terhadap sejumlah penyakit serius dan penyakit ringan yang banyak mengganggu. Beberapa penyakit diantaranya adalah sakit kepala, system jantung, arthritis, kelebihan berat badan, asma, penyakit ginjal dan urin, sembelit dan penyakit lainnya. Kebiasaan minum air setelah bangun tidur memiliki banyak manfaat Kesehatan, seperti membantu detoksifikasi tubuh lebih cepat, membantu metabolisme tubuh, menekan asam lambung, menjaga kesehatan pencernaan, dll.

  1. Stretching (Peregangan)

Saat tidur, tubuh cenderung dalam posisi miring atau terlentang yang dapat membuat tubuh menjadi kaku dan pegal. Biasanya, beberapa bagian tubuh seperti kaki dan pundak akan kram saat bangun tidur. Stretching setelah bangun tidur dapat membuat tubuh menjadi rileks dan nyaman. Stretching dapat melemaskan otot yang kaku saat bangun tidur dan membuat otot lebih siap mengawali aktivitas harian. Melakukan stretching atau peregangan setelah bangun tidur sangat bagus untuk kesehatan. Selain melancarkan peredaran darah, stretching juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh, melenturkan otot dan sendi, mengurangi sakit dan nyeri, serta membantu lebih siap mengawali kegiatan.

  1. Buang air

Setelah tidur semalaman, tubuh akan mengeluarkan zat sisa metabolisme atau pencernaan. Dengan menyegerakan buang zat sisa tersebut atau buang air merupakan kebiasaan yang baik. Terlalu lama menahan zat sisa dalam tubuh dapat memengaruhi fungsi metabolisme dan pencernaan tubuh lainnya.

Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik di atas dapat menjadikan kualitas hidup kita lebih positif. Selain itu, tubuh menjadi lebih siap untuk melakukan aktivitas siang hari dan tentunya dapat membangkitkan mood lebih baik.

 

Sumber:

Promkes.Kemkes. 2014. Tidur Cukup Untuk Kesehatan.

Fenny, & Supriatmo. 2016. Hubungan Kualitas dan Kuantitas Tidur Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: vol. 5, No. 3.

Salim, R., & Taslim, T. 2021. Edukasi Manfaat Air Mineral Pada Tubuh Bagi Anak Sekolah Dasar Secara Online. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 27, No. 2.