Mohon tunggu sebentar ...

TIPS MENJAGA HIDRASI TUBUH

Air sangat penting untuk kesehatan tubuh, selain menjaga hidrasi, ada banyak alasan lain yang membuat kita harus memnuhi kebutuhan air setiap harinya. Agar tetap terhidrasi, kita perlu mengonsumsi cukup air dan cairan penghidrasi lainnya agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Jika tubuh mengalami dehidrasi, beberapa efek samping yang umum terjadi biasanya seperti sakit kepala, kekurangan energi, kurangnya detoksifikasi dan respon kekebalan yang melemah. Itulah mengapa penting untuk mengetahui cara agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Hal ini semakin membuktikan betapa pentingnya hidrasi bagi tubuh, dan berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga hidrasi tubuh tetap baik:

  1. Minum Air Yang Cukup

Jika kita berolahraga atau keluar di hari yang panas, tubuh akan kehilangan lebih banyak cairan dibandingkan saat berdiam di rumah atau bekerja, dan karena itu tubuh memerlukan air lebih banyak saat berada di luar ruangan atau saat cuaca panas. Buang air kecil juga merupakan detoksifikasi alami dan membuang cairan berarti harus mengisi ulang cairan lagi, itulah sebabnya tubuh perlu rehidrasi sepanjang hari. Minum air yang cukup membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

  1. Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Langkah kedua adalah mendapatkan lebih banyak buah dan sayuran dalam diet harian karena selain menghidrasi, buah dan sayur juga termasuk jenis makanan padat nutrisi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengenai kontribusi buah dan sayuran terhadap hidrasi pada anak-anak. Para peneliti mempelajari catatan diet dan sampel urin dari 442 anak sekolah dan menemukan bahwa asupan buah dan sayuran secara teratur relatif meningkatkan status hidrasi pada peserta.

  1. Latihan Fisik

Penelitian menunjukkan bahwa gerakan fisik dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan kadar elektrolit secara keseluruhan, yang membuat sel mendapatkan lebih banyak nutrisi. Bentuk olahraga apa pun dapat mendukung hal ini, baik itu latihan kardiovaskular, latihan beban, atau sekadar jalan-jalan.

  1. Hindari Minuman Yang Membuat Dehidrasi

Agar tetap terhidrasi, penting untuk menghindari minuman/makanan manis, alkohol, dan kafein. Minuman dehidrasi ini meningkatkan buang air kecil dan menghilangkan elektrolit. Selain itu, minuman yang mengandung gula dan alkohol dapat menyebabkan peradangan dan efek samping buruk lainnya, seperti brain fog, sakit kepala, dan ketidakseimbangan gula darah.

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, baik melindungi tubuh dari dehidrasi, kelelahan akibat panas, dan serangan panas. Selain itu, mengalami dehidrasi menimbulkan dampak yang lebih serius pada kesehatan fisik dan juga kesehatan mental.

Para peneliti di Virginia Polytechnic Institute and State University mempelajari efek keseimbangan air dan fungsi kognitif. Mereka menemukan bahwa dehidrasi ringan (hanya kehilangan 1 persen hingga 2 persen air tubuh) dapat mengganggu kinerja kognitif.

Sebuah studi tahun 2020 yang dilakukan di Jepang juga menemukan bahwa peningkatan asupan air setiap hari dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah, mengencerkan bahan limbah darah dan melindungi fungsi ginjal.

Agar tetap terhidrasi, minumlah air yang cukup dan hindari minuman/makanan yang membuat dehidrasi.

Sumber:

Axe, J. Dr.Axe (2022). Hydration: How to Stay Hydrate in 6 Steps.

Convertino, V A. PubMed (1987). Fluid Shifts and Hydration State: Effects of Long-Term Exercise.

Montenegro, G., Johners, S., & Remer, T. PubMed (2013). Contribution of Fruit and Vegetable Intake to Hydration Status in Schoolchildren.

Nakamura, Y., et al. PubMed (2020). Effect of Increased Daily Water Intake and Hydration on Health in Japanese Adults.