Mohon tunggu sebentar ...

5 MAKANAN INI DAPAT MEMBANTU MENINGKATKAN FOKUS DAN MEMORI

Meskipun kita selalu tahu bahwa apa yang kita makan memengaruhi tubuh dan penampilan kita, para ilmuwan terus mengungkap bukti bahwa apa yang kita makan memiliki peran besar dalam kesehatan otak kita. faktanya, usus dan otak memiliki kinerja yang saling berkaitan erat, dan ketika kita memberi tubuh makanan yang utuh dan bergizi, maka kita dapat menjaga keduanya yaitu pencernaan dan kesehatan otak.

Makanan apa yang terbaik untuk otak kita? Makanan terbaik untuk otak adalah makanan yang kaya akan antioksidan, lemak sehat, vitamin dan mineral. Makanan tersebut memberi otak energi dan melindungi sel-sel otak, yang membantu menangkal perkembangan penyakit otak.

Lalu bagaimana tepatnya makanan sehat untuk otak dapat membantu menjaga kesehatan mental? Cara pertama adalah dengan mendukung fungsi usus dan respons peradangan yang sehat.

Sejumlah hormon dan neurotransmiter penting dibuat di usus dan kemudian dapat masuk ke otak, yang memengaruhi kemampuan kognitif, seperti memahami dan memproses informasi baru, ditambah memori dan konsentrasi. Artinya, usus yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk mengirimkan jenis sinyal kimia ke otak yang nantinya akan terus membantu otak untuk tetap berfungsi sebaik mungkin. Selain itu, diet berkualitas buruk dapat menyebabkan tubuh kita melepaskan lebih banyak sitokin inflamasi, yang menurut penelitian dapat berkontribusi pada peradangan yang dapat merusak otak.

Apa saja makanan terbaik untuk otak? Di bawah ini adalah makanan terbaik untuk menjaga kesehatan otak yang direkomendasikan para ahli secara teratur termasuk dalam diet untuk membantu mencegah penurunan kognitif terkait usia:

  1. Alpukat

Alpukat sering mendapat reputasi buruk karena kandungan lemaknya yang tinggi, namun penting untuk dicatat bahwa alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal atau jenis lemak "baik", yang telah terbukti menurunkan tingkat penurunan kognitif dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Mengandung vitamin K dan folat, alpukat membantu mencegah pembekuan darah di otak (melindungi dari stroke), serta membantu meningkatkan fungsi otak yang berhubungan dengan memori dan konsentrasi.

  1. Bit

Bit adalah sayuran akar dan makanan paling bergizi untuk otak yang membantu mengurangi peradangan, tinggi antioksidan pelindung kanker dan membantu membersihkan darah dari racun. Nitrat alami dalam bit sebenarnya meningkatkan aliran darah ke otak, membantu kinerja mental.

  1. Blueberry + Berry Lainnya

Blueberry dan buah beri lainnya (seperti stroberi, blackberry, raspberry, dll.) adalah buah yang direkomendasikan para ahli untuk dikonsumsi setiap hari. Karena mereka memiliki begitu banyak manfaat besar misalnya, blueberry adalah salah satu makanan kaya antioksidan tertinggi yang dikenal manusia, termasuk vitamin C dan vitamin K dan serat. Karena kadar asam galatnya yang tinggi, blueberry sangat baik untuk melindungi otak dari degenerasi, penurunan kognitif, dan stres.

  1. Salmon + Ikan Berminyak Lainnya

Salmon adalah salah satu makanan otak paling bergizi! mengandung asam lemak omega-3 untuk membantu menjaga otak berfungsi dengan baik dan meningkatkan memori. Selain itu, pemberian ikan berminyak, seperti sarden atau trout pada anak-anak dapat membantu mencegah ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) dengan meningkatkan fokus mereka. Asam lemak yang sama ini juga dapat membantu mencegah perkembangan Alzheimer dan demensia.

  1. Kenari/Walnut + Kacang Lainnya

Mengonsumsi beberapa kenari atau walnut sehari dapat membantu meningkatkan kesehatan kognitif. Tingkat antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi juga meningkatkan kewaspadaan mental. Vitamin E yang ditemukan dalam kacang ini juga dapat membantu melindungi sel-sel otak dan menangkal Alzheimer.

Sumber makanan di atas dapat membantu melawan penyakit dan melindungi sel-sel otak dengan menyediakan antioksidan, vitamin dan mineral, yang dapat membantu dalam memori, konsentrasi, suasana hati yang positif dan "koneksi usus-otak" yang lebih baik.

Makanan peningkat kesehatan otak juga dapat mengurangi risiko Alzheimer, demensia, depresi, dan kondisi kesehatan mental lainnya - ditambah sebagian besar makanan untuk otak juga mendukung sistem kekebalan dan pencernaan.

Sumber:

Lourida, et al. (2013). Mediteranian Diet, Cognitive Function, and Dementia. Epidemiology: Vol. 24-issue4- p 479-489.

Huffpost (2015). A Few Walnuts a Day May Help Boost Memory, Study Finds.

Amy, et al. (2020). Can Nutrition Support Healthy Cognitive Ageing and Reduce Dementia Risk?. BMJ: 369:m2269.

Dr.Axe (2022). 15 Brain Foods to Boost Focus and Memory.